Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Buatan - Kecerdasan buatan (artificial intelligence) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari tentang bagaimana sebuah komputer bisa dibuat dengan sedemikian rupa agar dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.
 
Menurut John McCarthy (1956), kecerdasan buatan adalah suatu sistem komputer yang terbentuk untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.
 
Manusia bisa dengan pandai menyelesaikan masalah-masalah yang muncul karena manusia memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dapat membantu dalam memecahkan masalah. Agar komputer dapat bertindak seperti dan sebaik manusia maka komputer diberikan pengetahuan dan kemampuan untuk menalar agar dapat mendapatkan pengalaman seperti layaknya manusia. 
 
Ada tiga tujuan kecerdasan buatan, yaitu: membuat komputer lebih cerdas, mengerti tentang kecerdasan, dan membuat mesin lebih berguna. Yang di maksud kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman, memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif (Winston dan Prender gast, 1994). 
 
Apa itu kecerdasan buatan? Beberapa buku telah mendefinisikan tentang kecerdasan buatan, dan dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu: 
  1. Sebuah sistem yang berpikir seperti manusia 
  2. Sebuah sistem yang dapat berpikir secara rasional  
  3. Sebuah sistem yang berperilaku seperti manusia  
  4. Sebuah sistem yang dapat berperilaku secara rasional
Lebih jauh lagi, berikut adalah beberapa definisi mengenai kecerdasan buatan yang dapat diketahui, yaitu: 
  • Menurut Rich dan Knight (1991, p3) : Kecerdasan buatan merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana membuat sebuah komputer dapat mengerjakan sesuatu yang masih lebih baik dikerjakan manusia.  
  • Menurut Rolston (1988, p 15) : Kecerdasan buatan merupakan solusi berbasis komputer terhadap masalah yang ada, yang menggunakan aplikasi yang mirip dengan proses berpikir menurut manusia.  
  • Menurut Setiawan (1993, p 1) : Kecerdasan buatan dapat didefinisikan sebagai cabang ilmu komputer yang mempelajari otomisasi tingkah laku cerdas.
Terdapat dua bagian utama yang diperlukan agar dapat melakukan aplikasi kecerdasan buatan, yaitu: 
  1. Basis pengetahuan (knowledge base), yang berisi fakta, teori, pemikiran, dan hubungan satu dengan yang lainnya,  
  2. Motor inferensi (inference engine), yang berupa kemampuan mesin untuk menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman. 
 
 
Sekian uraian mengenai Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.
 
Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment