Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli

Pengertian Sekretaris - Menurut pendapat para ahli mengenai pengertian sekretaris, bahwa pada mulanya sekretaris adalah seorang pejabat yang bertugas memegang rahasia pribadi pimpinannya.

Secara definisi, kata sekretaris dapat dipahami dari beberapa definisi menurut para ahli sebagai berikut:
Menurut Wursanto (2006), pengertian sekretaris dapat ditinjau dari beberapa segi. Dari segi asal kata, istilah sekretaris berasal dari kata secretum dalam bahasa latin yang berarti rahasia. Kata secretum kemudian berubah menjadi kata seceretaire dalam bahasa perancis, secretary dalam bahasa inggris dan akhirnya menjadi secretaries dalam bahasa belanda. Jadi isitilah sekretaris yang kita kenal saat ini merupakan adaptasi dari bahasa belanda, berdasarkan asal kata maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sekretaris adalah orang, pegawai, atau karyawan yang diberi tugas dan pekerjaan berhubungan dengan masalah rahasia Negara atau perusahaan.

Menurut kamus umum bahasa Indonesia, Sekretaris adalah orang atau pegawai pengurus yang diserahi pekerjaan tulis-menulis disebut juga penulis atau panitera.

Sekretaris berdasarkan pemaparan beberapa ahli dan pustaka dapat disimpulkan sebagai image building sebuah pimpinan bahkan sebuah perusahaan. Sekretaris bertanggung jawab atas hal-hal vital dalam sebuah perusahaan atau pimpinan sesuai dengan job description yang diberikan.

Fungsi Sekretaris
Sekretaris dibutuhkan oleh pimpinan untuk membantu meringankan tugas-tugas dan beban pimpinan, sehingga pimpinan dapat berkonsentrasi dan mengurus tugas-tugas manajerialnya. Pada dasarnya fungsi sekretaris adalah:
  1. Membantu meringankan tugas-tugas pimpinan
  2. Menangani informasi untuk pimpinan
  3. Menjadi jembatan penghubung

Sekian uraian tentang Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment