Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli

Pengertian Resensi Buku - Dalam buku The Oxford to the English Literature, kata resensi berasal dari bahasa Perancis revue, sedangkan dalam istilah bahasa Inggris disebut review. Resensi ialah: 1) penelitian secara umum mengenai berbagai hal , 2) artikel yang biasa ada di koran, majalah, atau terbitan-terbitan berkala lain yang menawarkan kritik penilaian tentang sebuah buku, gambar artikel, drama (biasanya pertunjukkan langsung di radio atau televisi), film atau produk-produk elektronik lain. Dalam konteks ini istilah resensi dan kritik biasanya sama, 3) majalah-majalah atau jurnal yang mencetak hanya tentang resensi atau sebagian besar resensi.

Menurut Gorys Keraf dalam buku Komposisi, resensi dalam arti sempit, yaitu suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. Sedangkan dalam arti yang lebih luas, yaitu pertimbangan-pertimbangan terhadap karya-karya seni lainnya, seperti drama, film, sebuah pementasan, dan sebagainya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia resensi merupakan pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku. 

Pendapat lain mengenai resensi dikemukakan oleh Widjono dalam buku Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Menurut Widjono resensi adalah ulasan atau penilaian sebuah hasil karya, buku, film produk teknologi, dan lain-lain. Penilaian ini menyajikan kualitas sebuah karya, baik yang berhubungan dengan kualitas yang terkait dengan keunggulan maupun kekurangan-kekurangannya.

Mukhsin Ahmadi menggunakan istilah revidu dalam arti yang berarti sama dengan resensi. Ia memberikan istilah revidu dalam arti yang khusus dan yang lebih umum. Dalam arti khusus revidu adalah suatu uraian informatif tentang isi dan kualitas suatu buku atau karangan, seperti novel, cerpen, drama atau lakon lukisan atau bentuk-bentuk karya seni lainnya. Dalam arti yang umum suatu revidu boleh saja berupa uraian tentang suatu peristiwa.

Resensi menurut Eka Budianta merupakan bentuk artikel yang paling sederhana. Kurniawan Djunaedi dalam Ensiklopedia Pres Indonesia mengungkapkan bahwa resensi adalah suatu pendapat subjektif yang lebih merupakan kupasan tentang suatu hasil penelitian. 

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, penulis mencoba memberikan simpulan bahwa resensi buku adalah suatu tulisan atau ulasan yang memberikan pertimbangan dan penilaian terhadap suatu buku, yang mengemukakan pertimbangan keunggulan dan kekurangan dari karya/buku tersebut.


Sekian uraian tentang Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment