Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Opini Publik Menurut Para Ahli

Pengertian Opini Publik - Berdasarkan Etimologi (Etymology: ilmu tentang asal kata) Opini publik adalah terjemahan dari kosa kata bahasa Ingris yakni public opinion. Ditinjau dari sudut asal katanya (Etymology) Public Opinion berasal dari bahasa latin yakni opinari dan publicus. Adapun Opinary berarti berfikir atau menduga. Dalam bahasa inggris juga menandung arti option and hope yang juga berasal dari bahasa latin yaitu optio. sedangkan publicus mempunyai arti milik masyarakat luas.

Berikut beberapa pengertian opini publik menurut para ahli:
Frazier Moore (2004) menjelaskan Opini public adalah ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama diantara para anggota sebuah kelompok atau public, mengenai suatu masalah controversial yang menyangkut kepentingan umum.

Emory Bogardus, didalam buku The Making of Public Opinion (h.5) : "Opini publik adalah hasil pengintegrasian pendapat berdasarkan diskusi yang dilakukan didalam masyarakat demokratis. Opini publik bukan merupakan seluruh jumlah pendapat individu-individu yang dikumgulkan." Dengan demikian berarti:
  • opini publik itu bukan merupakan kata sepakat (senstemmig, unanimous).
  • tidak merupakan jumlah pendapat yang dihitung secara "numerical" (numeriek. menurut jumlah) berapa jumlah.
George L. Bird dan, Frederick E. Merwin, Mengemukakan dalam bukunya The Press and Society, pendapat Clyde L. King dalam tulisannya Public Opinion a Manifestation of the Social Mind, bahwa opini publik itu adalah penilaian sosial (social judgment) mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran fikiran yang dilakukan individu-individu dengan sadar dan rasionil.

Leonardo W. Dood dalam Soemirat (2004), 
Opini public adalah sikap orang-orang mengenai sesuatu persoalan, dimana mereka merupakan anggota dari sebuah masyarakat yang sama.

Dalam How Public pinion is formed, Edward M. mejelaskan bahwa : Opini public tidak selalu logis, opini public tidak berbentuk, ambivalen, ontradiktif, mudah berubah. Konsekuensinya mereka yang mempengaruhi opini public hanya dapat berharap bahwa usaha mereka dari waktu kewaktu menimbulkan consensus terhadap persepsi yang masuk akal terhadap isu yang berkembang.

Emory Bogardus (1951), Opini public adalah hasil pengintegrasian pendapat berdasarkan diskusi yang dilakukan di dalam masyarakat domokratis. Opini public bukan merupakan sejumlah pendapat individu-individu yang dikumpulkan. 

Maka menurutnya opini public dapat berarti 3 hal :
  1. Opini public bukan merupakan kata sepakat
  2. Tidak merupakan sejumlah pendapat yang dihitung secara numerical
  3. Opini public hanya dapat berkembang di Negara-negara demokratis, yang mengakui Freedom of the press.
Cutlit & Center (1958), “The term public opinion is a slippery one. Out ability to measure it is greater than our ability to define or manipulate it. Although the concept originated in the …. century, it still has not been defined satisfactorily. Public opinion is difficult to describe, elusive to define, hard to measure, impossible to see.”


Sekian uraian tentang Pengertian Opini Publik Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Opini Publik Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment