Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Letak Geografis Dan Astronomis

Apa Itu Letak Geografis dan Letak Astronomis? | Letak geografi Indonesia dan letak astronomis Indonesia adalah posisi negara Indonesia yang didefinisikan terhadap batasan-batasan yang mengelilingi Indonesia. Negara kita memiliki sejumlah pulau yang tersusun dari sabang sampai merauke. Penampakan permukaan alam Indonesia terdiri diri perairan dan daratan yang berbanding antara 4:1.
Penampakan daratan berupa gunung tertinggi, sungai terpanjang di Indonesia, danau membuat Indonesia menjadi negara ke 15 terluas di dunia.
Indonesia termasuk negara kepulauan yang berada pada posisi strategis yang digambarkan dari letak geografis dan letak astronomis Indonesia. Berikut ini selengkapnya !
Letak geografis Indonesia 
Letak geografis Indonesia adalah posisi negara Indonesia yang dilihat dari permukaan bumi secara nyata sesak geuai penampakanalam yang membatasi Indonesia. Letak geografis menekankan pada fenomena alam berupa keadaan alam yang melingkupi wilayah tersebut. 
Hal ini berarti benua, samudera, danau, laut dan sebagainya. Batasan letak geografis Indonesia secara umum diapit oleh dua benua dan dua samudera, berikut penjelasannya :
  • Bagian barat laut : Wilayah Indonesia di batasi dengan Benua Asia 
  • Bagian tenggara : Batasan wilayah Indonesia dengan Benua Australia 
  • Bagian barat : Indonesia sebelah berat berbatasan dengan Samudera Hindia 
  • Bagian timur : wilayah laut Indonesia berbatasan dengan Samudera Pasifik
Gambar : Peta Letak Geografis Indonesia
Letak Astronomis Indonesia 
Letak astronomis indonesia adalah dimana posisi Indonesia yang dipengaruhi oleh garis khayal bumi yakni garis lintang dan bujur yang mengelilingi bumi. Dinamai garis khayal karena memang pada permukaan bumi sebenarnya, garis ini tidak ada hanya merupakan pengembangan ilmu astronomi pada cabang-cabang ilmu biologi. Letak astronomis Indonesia berdasarkan garis lintang dan bujur, yaitu :

Garis Lintang
Garis lintang membagi struktur bumi menjadi 2 bagian sama besar yaitu antara utara dan selatan. Garis lintang sejajar dengan garis khayal khatulistiwa (equator) yang membentang hingga kutub selatan dan kutub utara. Letak astronomis Indonesia berada pada titik 6 o Lintang Utara (LU) sampai 11 o Lintang Selatan (LS).
Garis Bujur
Garis Bujur membelah bumi secara horizontal, dari barat ke timur. Garis bujur disebut juga dengan garis meredien yang membatasi letak astronomis Indonesia antara 95o bujur timur (BT) – 141o bujur timur (BT).

 


Sekian Pengertian Letak Geografis Dan Letak Astronomis, semoga artikel ini dapat bermanfaat..
Baca Juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Letak Geografis Dan Astronomis

0 komentar:

Post a Comment