Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Emosi Menurut Para Ahli

Apa Itu Pengertian kecerdasan emosi? | Sebelum membahas tentang kecerdasan emosi sebaiknya dijelaskan dahulu tentang emosi. Adapun yang dimaksud emosi adalah setiap kegiatan atau pergolakan pikiran, perasaan dan nafsu, baik itu bersifat positif atau negatif.
Adapun macam-macam emosi menurut penggolongannya adalah sebagai berikut:
  1. Amarah, meliputi: bringas, mengamuk, marah besar, jengkel, kesal hati, terganggu, dll 
  2. Kesedihan, meliputi: pedih, sedih, muram, suram, melankolis, putus asa, dll 
  3. Rasa taku, seperti: cemas, gugup, khawatir, waspada, fobia, dll 
  4. Kenikmatan, misalnya: bahagia, gembira, senang, bangga. 
  5. Cinta, meliputi: penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, bakti, hormat, dll 
  6. Terkejut, seperti: terkesiap, takjub, terpana 
  7. Jengkel, meliputi: hina, jijik, muak, mual, benci, tidak suka, dll 
  8. Malu, seperti: rasa salah, malu hati, kesal hati, sesal, hina, aib, dan hati hancur lebur.
Sedangkan kecerdasan merupakan kekuatan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu. Menurut Howard Gardner kecerdasan dibagi menjadi tujuh macam yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan musikal, kecerdasan kinetik, kecerdasan spasial, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal.
Beberapa ahli membedakan pengertian kecerdasan emosi sebagai berikut:
  1. Menurut Daniel Goleman kecerdasan emosi adalah kemampuan seperti kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati dan berdo`a. 
  2. Menurut Agus Efendi kecerdasan emosi adalah jenis kecerdasan yang fokusnya memahami, mengenali, merasakan, mengelola, dan memimpin perasaan diri sendiri dan orang lain serta mengaplikasikannya dalam kehidupan pribadi dan sosial. 
  3. Menurut Dr Hamzah B. Uno .M.Pd kecerdasan emosi adalah kemamapuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain , kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri, dan dalam hubungannya dengan orang lain. 
  4. Menurut Howard Gardner kecerdasan emosi terdiri dari dua kecakapan yaitu intrapersonal intelligence (kemampuan untuk memahami diri sendiri dan bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri) dan interpersonal intelligence (kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan sekitarnya).
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.

Sekian pengertian kecerdasan emosi menurut para ahli, semoga artikel ini dapat bermanfaat!
Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kecerdasan Emosi Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment