Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian, Jenis Dan Struktur Asam Nukleat

Pengertian, Jenis Dan Struktur Asam Nukleat - Asam nukleat adalah senyawa organik kompleks yang ditemukan di semua organisme hidup. Asam nukleat ditemukan pada tahun 1869 oleh ahli biokimia Swiss Johann Friedrich Miescher (1844-1895). Miescher menemukan adanya senyawa organik yang tidak biasa dalam inti sel dan memberikan senyawa yang nama nuklein. Senyawa tidak biasa karena mengandung kedua nitrogen dan fosfor, selain karbon, hidrogen, dan oksigen. Nuklein adalah salah satu senyawa organik pertama yang telah ditemukan yang berisi kombinasi elemen. Meskipun penelitian kemudian menunjukkan bahwa berbagai bentuk nuklein terjadi di bagian lain dari sel, nama tetap dalam bentuk dimodifikasi oleh yang diketahui saat ini: asam nukleat.
Struktur asam Nukleat
Asam nukleat merupakan polimer, molekul yang sangat besar yang terdiri dari unit yang lebih kecil berulang kali lagi dan lagi. Unit-unit kecil yang polimer yang dibuat dikenal sebagai monomer. Dalam kasus asam nukleat, monomer yang disebut nukleotida.
  • Asam Amino: Salah satu senyawa sekitar dua lusin kimia dari mana protein dibuat. 
  • Sitoplasma: Cairan dalam sel yang mengelilingi inti dan kompartemen membran-tertutup lainnya. 
  • Helix ganda: Bentuk diambil oleh molekul DNA dalam inti. 
  • Rekayasa genetika: Manipulasi isi genetik dari suatu organisme untuk kepentingan analisis genetik atau untuk memproduksi atau memperbaiki suatu produk. 
  • Monomer: Sebuah molekul kecil yang dapat dikombinasikan dengan dirinya sendiri berkali-kali selama membuat molekul besar, polimer. 
  • Basa nitrogen: Sebuah komponen dari nukleotida dari asam nukleat yang dibuat. Ini terdiri dari cincin yang mengandung karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen. 
  • Nukleotida: Unit dasar asam nukleat. Ini terdiri dari gula sederhana, gugus fosfat, dan basa nitrogen yang mengandung. 
  • Inti: Sebuah kompartemen dalam sel yang tertutup oleh membran dan yang berisi informasi genetik. 
  • Gugus fosfat: Pengelompokan atom satu atom fosfor dan empat oksigen yang terjadi pada nukleotida. 
  • Protein: Sebuah senyawa kimia kompleks yang terdiri dari banyak asam amino melekat satu sama lain yang penting untuk struktur dan fungsi semua sel hidup.

Jenis asam Nukleat

Asam nukleat merujuk pada seluruh kelas senyawa yang mencakup puluhan contoh yang berbeda. Fosfat (P) kelompok dalam semua asam nukleat yang persis sama. Namun, dua jenis gula yang ditemukan dalam asam nukleat. Salah satu jenis gula yang disebut deoksiribosa. Jenis lain disebut ribosa. Perbedaan antara dua senyawa adalah deoksiribosa berisi satu kurang oksigen (deoksi berarti “tanpa oksigen”) daripada ribosa. Asam nukleat yang berisi deoksiribosa gula disebut asam deoksiribonukleat, atau DNA; yang mengandung ribosa disebut asam ribonukleat, atau RNA.

Asam nukleat juga mengandung lima jenis basa nitrogen. Nama-nama mereka dasar dan singkatan yang digunakan bagi mereka yang adenin (A), sitosin (C), guanin (G), timin (T), dan urasil (U). Asam deoksiribonukleat semuanya mengandung empat pertama basa nitrogen ini: A, C, G, dan T. ribonukleat asam semuanya mengandung tiga pertama (A, C, G) dan urasil, tapi tidak timin.

Molekul DNA dan RNA berbeda satu sama lain, oleh karena itu, sehubungan dengan gula yang dikandungnya dan berkaitan dengan basa nitrogen yang dikandungnya. Mereka berbeda dalam dua hal penting lainnya: struktur fisik mereka dan peran mereka bermain dalam organisme hidup.


Sekian Pengertian, Jenis Dan Struktur Asam Nukleat, semoga bermanfaat!
Baca juga:
Pengertian Leukosit
Pengertian Katabolisme
Pengertian Sitoplasma

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Jenis Dan Struktur Asam Nukleat

0 komentar:

Post a Comment