Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian dan Prinsip Kerja MCB (Main Circuit Breaker)

Apa itu MCB? Dan bagaimana prinsip kerjanya? | Main Circuit Breaker (MCB) adalah pemutus hubungan listrik secara otomatis bilamana daya/tegangan melampaui standar yang ditentukan.

Gunanya untuk mencegah terjadinya korsleting/hubungan pendek ataupun kerusakan peralatan listrik akibat melonjaknya tegangan listrik. Alat pengaman arus lebih adalah pemutus sirkit mini yang selanjutnya disebut MCB.

MCB ini memproteksi arus lebih yang disebabkan terjadinya beban lebih dan arus lebih karena adanya hubungan pendek. Dengan demikian prinsip dasar bekerjanya yaitu untuk pemutusan hubungan yang disebabkan beban lebih dengan relay arus lebih seketika digunakan elektromagnet.



Prinsip Kerja MCB
Bila bimetal ataupun elektromagnet bekerja, maka ini akan memutus hubungan kontak yang terletak pada pemadam busur dan membuka saklar. 

MCB untuk rumah seperti pada pengaman lebur diutamakan untuk proteksi hubungan pendek, sehingga pemakaiannya lebih diutamakan untuk mengamankan instalasi atau konduktornya.Sedang MCB pada APP diutamakan sebagai pembawa arus dengan karakteristik CL (Current Limiter) disamping itu juga sebagai dawai pengaman arus hubung pendek yang bekerja seketika.


Sekian pengertian dan prinsip kerja MCB (Main Circuit Breaker), semoga artikel ini dapat bermanfaat..

Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Prinsip Kerja MCB (Main Circuit Breaker)

0 komentar:

Post a Comment