Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Chatting Dan Streaming

Pengertian Chatting - Chatting dalam bahasa Indonesia berarti ngobrol atau berbicara dua arah antara satu atau beberapa orang. Di dalam dunia komputer, chatting berarti berbicara dengan orang lain dengan menggunakan komputer. Suara yang dihasilkan, biasanya digantikan dengan teks yang diketik.

Namun dengan berkembangnya multimedia dengan komputer, chatting tidak hanya dengan menggunakan teks, tapi bisa juga dengan menggunakan suara dan video. Lebih sempit lagi, pengertian chatting di dalam dunia Internet. 

Di sini pengertian chatting adalah menggunakan Internet untuk berbicara dengan orang lain. Menurut jumlah orang yang berbicara, chatting dapat dibagi menjadi dua, yaitu group chat dan private chat

Group chat adalah chatting yang melibatkan lebih dari dua orang. Biasanya orang-orang ini berkumpul di dalam suatu chat room atau channel, tempat di mana mereka bisa berinteraksi. Apabila satu orang mengirimkan suatu pesan, maka seluruh orang yang berada di chat room atau channel tersebut bisa membacanya. 

Sedangkan private chat tidak demikian. Private chat hanya melibatkan dua orang. Jadi hanya ada orang tertentu yang dapat membaca pesan kita. 




Pengertian Streaming - Streaming adalah proses pengiriman data kontinyu atau secara terus-menerus, yang dilakukan secara broadcast melalui internet untuk ditampilkan ke aplikasi streaming pada komputer, dan streaming pun bisa dilakukan secara live atau real time. 

Streaming sendiri memiliki dua jenis, yakni streaming audio dan streaming video. Pengertian streaming audio itu sendiri untuk mendengarkan siaran secara live melalui internet. Tetapi tidak mendownload terlebih dahulu lalu menyimpannya di komputer, dengan streaming ini dapat mendengarkan tanpa harus mendownloadnya. 

Streaming video menggunakan protokol RTMP seperti yang digunakan pada Real dan Flash Media Server. Penggunaan teknologi ini meluas dikarenakan protokol ini bisa memberikan livestreaming untuk keperluan live broadcasting. Teknologi inilah yang biasa digunakan untuk video tele conference. Sedangkan saat ini penggunaan video pada web merupakan trend yang sedang meningkat di internet.


Sekian uraian tentang Pengertian Chatting Dan Streaming, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Chatting Dan Streaming

0 komentar:

Post a Comment