Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli



Pengertian Analisa Sistem - Menurut Mc Leod (2007, p74), Analisis Sistem adalah penelitian terhadap system yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem baru atau memperbaharui sistem yang telah ada tersebut. Analisa sistem dapat didefinisikan sebagai berikut: “Analisa sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagian-bagian komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujua mereka”. (Al Fatta, 2007 : 4).

Menurut Jimmy L.Goal (2008:73), “Analisa sistem adalah sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan,hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya”.

Analisis sistem menurut pendapat Satzinger, J.W., Jackson, R.B., & Burd, S.D. (2010, p4) adalah proses pemahaman dan penentuan secara rinci apa yang seharusnya dicapai oleh sisteminformasi. 

Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa “Analisis sistem adalah tahapan penelitian terhadap sistem berjalan dan bertujuan untuk mengetahui segala permasalahan yang terjadi serta memudahkandalam menjalankan tahap selanjutnya yaitu tahap perancangan sistem”.

Tahap-tahap Analisa Sistem
Tahapan analisis sistem dilakukan setelah tahapan perencanaan dan sebelum tahapan desainsistem. Tahapan analisis sistem merupakan sebuah tahapan yang sangatlah penting, hal inidikarenakan apabila terjadi kesalahan dalam melakukan analisis sistem maka akan menyebabkankesalahan pada tahap selanjutnya.

Langkah-langkah di Analisis Sistem :
Di dalam tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem : 
  1. Identify, yaitu mengidentifikasi masalah
  2. Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
  3. Analyze, yaitu menganalisis sistem
  4. Report, yaitu membuat laporan hasil analisis.

Sekian urain tentang Pengertian Analisis Sistem, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment