Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Relationship Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian Relationship Marketing - Hubungan adalah sekumpulan transaksi yang membangun kesadaran atas sebuah hubungan yang dibagikan melalui kepercayaan dan komitmen (Morgan dan Hunt, 1994). Relationship marketing penting untuk kesuksesan sebuah bisnis, terutama hubungan antara perusahaan dan konsumen.
 
 
Definisi relationship marketing oleh Berry (1983) dalam Morgan dan Hunt (1994) adalah proses menarik, mempertahankan dan meningkatkan hubungan dengan konsumen. 
 
 
Menurut Ben-Rechav (2000), relationship marketing tidak hanya mengenai hubungan jangka panjang dengan konsumen, tetapi juga dengan calon mitra dalam proses pemasaran seperti pemasok, aliansi, pesaing, distributor dan karyawan.
 
 
Definisi relationship marketing menurut Evans dan Laskin (1994) dalam Soetomo (2001) yaitu penciptaan hubungan yang dekat dengan pihak yang terkait dalam proses pemasaran. Melalui relationship marketing bersama-sama memahami kebutuhan konsumen, memperlakukan konsumen sebagai mitra kerja, memastikan bahwa karyawan dapat memenuhi kepuasan konsumen dan memberikan kualitas terbaik bagi konsumen. Dengan cara tersebut, akan membentuk hubungan jangka panjang dengan konsumen sehingga tercipta kepercayaan dan loyalitas konsumen.
 
 
Berdasarkan pengertian relationship marketing menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa relationship marketing adalah suatu proses menjalin, mempertahankan dan meningkatkan hubungan jangka panjang yang dijalin oleh online shop dengan pihak yang terkait dengan proses pemasaran terutama konsumen. Hal ini bertujuan untuk memuaskan konsumen dan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap online shop.

Demikianlah pembahasan mengenai relationship marketing menurut ahli, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terima kasih...

Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Relationship Marketing Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment