Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli

Kata perpustakaan memang tidak asing lagi bagi kita, terutama di kalangan para pelajar. perpustakaan adalah suatu tempat yang digunakan untuk belajar dan meminjam buku yang kita inginkan, namun arti dari perpustakaan tidak hanya tempat untuk belajar. dibawah ini beberapa pengertian perpustakaan menurut ahli dari perpustakaan dan sumber lainnya.
 
 
Pengertian Perpustakaan
Berikut ini merupakan pengertian perpustakaan menurut ahli perpustakaan dan sumber lain, diantaranya: 
  1. Menurut IFLA (International of Library Associationsand Institutions)Perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.” 
  2. Menurut sutarno NS, MSi. “perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca.” 
  3. Menurut c. larasati milburga, dkk “perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.” 
  4. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Perpustakaan berasal dari kata dasar “pustaka” yang berarti pustaka atau buku. “Perpustakaan” artinya kumpulan buku (bacaan dsb); bibliotek. 
  5. Dalam UU No.43 tahun 2007 tentang perpustakaan disebutkan bahwa: Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak,dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi,dan rekreasi para pemustaka.
 
 Secara garis besar, ada kesamaan dalam lima pengertian perpustakaan tersebut, yaitu kumpulan buku yang diatur secara sistematis. Oleh sebab itu, mengatur buku-buku dengan baik dan sistematis merupakan hal paling dasar dalam penataan ruang utama perpustakaan. Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial-ekonomi. 
 
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian perpustakaan menurut para ahli, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terimakasih...
 
Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment