Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Simbiosis Parasistisme

|Simbiosis Parasitisme| adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang mengakibatkan makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup lainnya mengalami kerugian. Misalnya, hubungan antara tanaman jeruk dengan benalu, bunga raflesia dengan inangnya, kutu dengan hewan tempat ia tinggal. 
 
Benalu merasa untung karena mendapatkan makanan dari tanaman jeruk, sedangkan tanaman jeruk dirugikan karena makanannya diambil benalu. Tumbuhan yang ditumpangi benalu disebut tumbuhan inang. Bunga raflesia menghisap makanan yang dibuat tumbuhan inangnya. Akibatnya, bunga raflesia dapat tumbuh subur, sedangkan tumbuhan inangnnya lama-kelamaan akan mati. 
 
Kutu memperoleh makanan dengan menghisap darah dari tumbuhan hewan yang dihinggapinya, sedangkan hewan yang dihinggapinya merasa gatal di kulit dan pertumbuhannya menjadi tidak sehat. Contoh lain, tanaman tali putri dengan tanaman pagar. Hubungan antara manusia dan cacing perut. Cacing perut termasuk parasit karena cacing mengambil makanan dari tubuh kita.



Gambar tersebut adalah contoh simbiosis parasitisme yaitu hubungan antara tumbuhan inang dengan benalu.

Semoga bermanfaat...!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Simbiosis Parasistisme

0 komentar:

Post a Comment