Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Simbiosis Komensalisme

|Simbiosis Komensalisme| adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lain. Contohnya ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora yang berenang di dekat tubuh hiu akan turut menjelajah kemana pun ikan hiu itu pergi. Ikan remora menjadi aman dari ancaman ikan pemangsa lain karena ikan pemangsa takut terhadap ikan hiu. 
 
Pada saat ikan hiu memperoleh makanan sisa-sisa makanan tersebut dimakan oleh ikan remora. Sedangkan bagi ikan hiu, ada tidaknya ikan remora tidak berpengaruh terhadapnya. Ciontoh lainnya hubungan antara tumbuhan paku, lumut kerak dam anggek dengan pohon besar (mahoni, mangga, jambu air) dan anemin laut dengan ikan badut. Anggrek dan paku sarang menempel pada pohon lain, tetapi tidak mengambil apapun dari pohon yang ditempelinya karena daun anggrek atau paku berwarna hijau sehingga dapat membuat makanannya sendiri. 
 
Jadi, tanaman yang menempel tidak merugikan maupun menguntungkan tanaman yang ditempelinya. Tanaman yang hidup menempel pada tumbuhan lain disebut epifit.

Gambar
Simbiosis Komensalisme

Gambar tersebut adalah contoh simbiosis komensalisme yaitu hubungan antara hiu dengan ikan remora.

Semoga bermanfaat..!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Simbiosis Komensalisme

0 komentar:

Post a Comment