Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian, Peranan dan Manfaat Akuntansi Biaya

|Pengertian Akuntansi Biaya|Pengertian Akuntansi Biaya menurut Mulyadi (2010:7), akuntansi biaya adalah: “Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya”.

|Peranan Akuntansi Biaya|Peranan akuntansi biaya menurut Carter (2009:11) yang diterjemahkan oleh Krista adalah sebagai berikut:
  1. “Membuat dan melaksanakan rencana dan anggaran untuk beroperasi dalam kondisi kompetitif dan ekonomi yang telah diprediksikan sebelumnya. Suatu aspek penting dari rencana adalah potensinya untuk memotivasi orang agar berkinerja dengan cara yang konsisten dengan tujuan perusahaan.
  2. Menetapkan metode perhitungan biaya yang memungkinkan pengendalian aktivitas, mengurangi biaya, dan memperbaiki kualitas.
  3. Mengendalikan kuantitas fisik dari persediaan, dan menentukan biaya dari setiap produk dan jasa yang dihasilkan, untuk tujuan penetapan harga dan untuk evaluasi kinerja dari suatu produk, departemen, atau divisi.
  4. Menentukan biaya dan laba perusahaan untuk periode akuntansi satu tahun atau untuk periode lain yang lebih pendek. Hal ini termasuk menentukan nilai persedian dan harga pokok penjualan sesuai dengan aturan pelaporan eksternal.
  5. Memilih di antara dua atau lebih alternatif jangka pendek atau jangka panjang, yang dapat mengubah pendapatan atau biaya.”
|Manfaat Akuntansi Biaya|Penggunaan akuntansi biaya terbukti sangat penting bagi suatu perusahaan karena memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kelangsungan perusahaan. Manfaat tersebut adalah sebagai salah satu informasi yang diperlukan oleh manajemen dalam mengelola perusahaannya, yaitu untuk perencanaan dan pengendalian laba, penentuan harga pokok produk dan jasa, serta bagi pengambilan keputusan oleh manajemen dalam proses produksi.

 
Gambar
Pengertian Akuntansi Biaya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Peranan dan Manfaat Akuntansi Biaya

0 komentar:

Post a Comment