Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian dan Ciri-ciri Public Relation Menurut Para Ahli

Pengertian Public RelationPublic Relation merupakan suatu fungsi strategis dalam manajemen yang melakukan komunikasi untuk menimbulkan pemahaman dan penerimaan dari publik dalam proses penerimaan publik ini, perusahaan perlu memperhatikan hubungan yang harmonis dengan masyarakat.

Menurut Kotler (2002:690) pengertian public adalah sebagai berikut: 
Masyarakat (public) adalah setiap kelompok yang memiliki pengaruh kepentingan aktual dan potensial atau yang memilki pengaruh terhadap kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Adapun pengertian Public relation menurut beberapa pendapat dari para ahli pemasaran sebagai berikut:
Menurut Kotler (2000:690) yaitu :
Public Relation adalah berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan menjaga citra perusahaan atau tiap produknya.

Menurut Danny Grain Swold yang dikutip oleh Rhenald Kasafi dalam buku "manajemen Public Relation" (2000:7), mengatakan Public Relation adalah fungsi manajemen yang evaluasi terhadap sikap-sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur seseorang atau sebuah perusahaan terhadap publiknya, menyusun rencana serta menjalankan program-program komunikasi untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan publik.

Definisi di atas dapat disimpulkan bahwa public relation adalah suatu fungsi manajemen yang melibatkan usaha-usaha jangka panjang yang di sengaja, terencana, terus-menerus yang bertujuan untuk membentuk saling pengertian dan komunikasi dua arah antara organisasi dan publiknya, agar timbul opini positif dari public terhadap organisasi. Public Relation penekanannya bukan pada penjualan,seperti pada kegiatan periklanan, namun peran pemberian informasi, pendidikan, dan upaya peningkatan pengertian lewat penambahan pengetahuan mengenai suatu produk atau jasa.


Tiga ciri khusus Public Relation menurut Tjiptotto (1999:231), yaitu :
  1. Kreditabilitas tinggi : Dimana artikel dan berita di media massa lebih dipercaya daripada iklan.
  2. Tidak terlihat sebagai promosi (Off Guard) : Public Relation memiliki potensi untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk tertentu.
  3. Dramatisasi (Dramatization) : Public relation memiliki potensi untuk mendramatisasi perusahaan/produk tertentu Public relation dapat dipakai untuk mempromosikan merek, tempat, ide dan juga dapat digunakan untuk menciptakan citra perusahaan serta untuk melawan berita bohong yang dapat merugikan perusahaan. 
Adapun public relation yang dapat digunakan menurut Kotler dalam bukunya yang berjudul "Manajemen pemasaran" (2002:690-691) adalah sebagai berikut:
  • Hubungan pers : Untuk memberikan informasi yang pantas dimuat dalam surat kabar agar menarik perhatian publik terhadap seseorang, produk, jasa.
  • Publisitas produk : Usaha untuk mempublikasikan produk melalui media berita, peralatan lainnya yang berhubungan dengan produk yang dihasilkan.
  • Komunikasi perusahaan : Mencakup komunikasi intern ataupun ekstern dalam menggalang saling pengertian perusahaan 
  • Lobbying : Kerjasama dengan ahli hukum dan pejabat pemerintah untuk mendukung dan menghapus undang-undang 
  • Bimbingan : Pemberian nasihat kepada manajemen tentang penjualan-penjualan kemasyarakat mengenai posisi perusahaan maupun citra perusahaan.
Sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17054/3/Chapter%20II.pdf

 
Gambar
Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Ciri-ciri Public Relation Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment