Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian dan Cara Kerja Pompa Sentrifugal

|Pembahasan Mengenai Pengertian dan Cara Kerja Pompa Sentrifugal|

|Pengertian dan Cara Kerja Pompa (Pompa Sentrifugal)| 
Pompa adalah salah satu mesin fluida yang termasuk dalam golongan mesin kerja. Pompa berfungsi untuk merubah energi mekanis (kerja putar poros) menjadi energi fluida dan tekanan. Suatu pompa sentrifugal pada dasarnya terdiri dari satu impeler atau lebih yang dilengkapi dengan sudu-sudu, yang dipasangkan pada poros yang berputar dan diselubungi dengan/oleh sebuah rumah (casing). Fluida mamasuki impeler secara aksial di dekat poros dan mempunyai energi potensial, yang diberikan padanya oleh sudu-sudu. Begitu fluida meninggalkan impeler pada kecepatan yang relatif tinggi , fluida itu dikumpulkan didalam ‘volute’ atau suatu seri lluan diffuser yang mentransformasikan energi kenetik menjadi tekanan. Ini tentu saja diikuti oleh pengurangan kecepatan. Sesudah konversi diselesaikan, fluida kemudian dikeluarkan dari mesin tersebut.

Aksi itu sama untuk pompa-pompa dengan kekecualian bahwa volume gas adalah berkurang begitu gas-gas tersebut melewati blower, sementara volume fluida secara praktis adalah tetap begitu begitu fluida tersebut melewati pompa. Pompa-pompa sentrifugal pada dasarnya adalah mesin-mesin berkecepatan tinggi (dibandingkan dengan jenis-jenis torak, rotary, atau pepindahan). 

Perkembangan akhir-akhir ini pada turbin-turbin uap, dan motor-motor listrik dan disain-disain sistem gigi kecepatan tinggi telah memperbesar pemakaian dan penggunan pompa-pompa sentrifugal, seharusnya dapat bersaing dengan unit-unit torak yang ada. 

Garis-garis effesiensi adalah garis yang menyatakan effesiensi yang sama untuk hubungan head dengan kapasitas atau daya dapat di tentukan batasan putaran maksimum dan minimum dengan kata lain untuk mendapatkan daerah operasi yang terbaik jika dilihat dari segi putaran pompa. Dan keuntungannya adalah sebagai berikut : 
  1. Kontruksi yang lebih sempurna
  2. Lebih mudah dioperasikan
  3. Biaya perawatan yang rendah
  4. Dapat di kopel langsung dengan elektromotor 
Kerugiannya : 
  1. Effesiensi rendah pada kapasitas tinggi 
  2. Adanya kerugian pada pipa hisap karena bocor pada saat beroperasi 

Lintasan aliran cairan pompa sentrifugal

|Klasifikasi Pompa|

Secara umum pompa dapat diklasifikasikan dalam dua jenis kelompok besar yaitu : 
  1. Pompa Tekanan Statis (Positive Displacement Pump) 
  2. Pompa Tekanan Dinamis (Rotodynamic Pump) 


Gambar
Pengertian dan Cara Kerja Pompa Sentrifugal

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Cara Kerja Pompa Sentrifugal

0 komentar:

Post a Comment