Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Periodisasi Sejarah Di Indonesia

Sejarah manusia di dunia terbagi menjadi dua zaman, yaitu zaman pra sejarah dan zaman sejarah. Zaman pra sejarah adalah zaman di mana manusia belum mengenal tulisan sedangkan pada zaman sejarah manusia sudah mengenal tulisan. Zaman sejarah di Indonesia meliputi: 

1. Zaman Batu 
Pada zaman ini terkenal dengan alat-alat dan kebudayaan yang terbuat dari batu disampig kayu dan tulang. Misalnya kapak genggam, menhir dan lain-lain.
                                             
                      Gb. Kapak Genggam                                                   Gb. Menhir

2. Zaman Logam 
Pada zaman ini manusia sudah mulai mngenal perhiasan dan peralatan yang terbuat dari logam dan emas. 

3. Zaman Hindu-Budha
 Zaman ini ajaran agama Hindu dan Budha mulai masuk ke Indonesia yang ditandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu dan Budha di Indonesia, misalnya kerajaan Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, Singosari, dan Majapahit. 
  • Zaman Islam : Di zaman ini, ajaran Agama Isalam mulai masuk dan berkembang Indonesia yang ditandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Islam, misalnya Samudera Pasai, Demak, Aceh, Banten, dan Ternate. 
  • Zaman Penjajahan : Di zaman ini Indonesia diwarnai dengan adanya perjuangan melawan penjajah, seperti Portugis, Inggris, Belanda, dan Jepang. Hal ini ditandai dengan banyaknya ditemukan benteng dan meriam-meriam. 
3. Zaman Modern 
Zaman ini terhitung dari sejak Indonesia merdeka hingga sekarang. 



Sekian Uraian Tentang Zaman Sejarah Di Indonesia, Semoga Bermanfaat...!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Periodisasi Sejarah Di Indonesia

0 komentar:

Post a Comment