Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Membran Sel Dalam Biologi

|Apa itu Membran Sel ?|

| Membran Sel | Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai membran sel. Tentu kita bertanya apakah itu membran sel ?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini akan diuraikan mengenai apa itu membran sel.

Pengertian Membran Sel atau Membran Plasma adalah struktur selaput tipis yang menyelubungi sebuah sel yang membatasi keberadaan dari sebuah sel, sekaligus juga memelihara perbedaan-perbedaan pokok antara isi sel dengan lingkungannya. Namun membran sel tidak sekedar merupukan sebuah penyekat pasif, akan tetapi juga sebuah filter yang memiliki kemampuan memilih bahan-bahan yang melintasinya dengan tetap memelihara perbedaan kadar ion di luar dan di dalam sel. Dalam hal ini bahan-bahan yang diperlukan oleh sel dapat masuk, sedangkan bahan-bahan yang merupakan limbah sel dapat melintas ke luar sel.

Perkembangan pembentukan membran sel merupakan tahapan yang sangat penting dalam terjadinya bentuk kehidupan yang paling awal. Tanpa membran sel, sebuah sel tidak mungkin melangsungkan kehidupannya. Semua membran organisme hidup juga termasuk membran sel dan membran internal sel ekariotik, memiliki susunan umum yang sama, yaitu terdiri dari himpunan melekul lipid dan protein yang terikat secara non-kovalen.

Sebelum berhasil diisolasinya membran sel, sebagian besar dari teori tentang struktur membran sel didasarkan atas data yang diperoleh secara tidak langsung. Misalnya pada tahun 1902 Everton mengajukan teorinya mengenai memran sel. Berdasarkan teorinya, Everton mengungkapkan bahwa Pengertian Membran Sel adalah lapisan tipis lipid, kenyataan zat-zat yang larut dalam lipid dapat menembus membran sel. Sedangkan dari beberapa sifat membran sel yang lain, Menurut Danielli diusulkan bahwa membran sel terdiri atas lapisan rangkap lipid yang diapit oleh lapisan protein pada kedua sisinya.

Sebelum diajukan teori membran sel, Singer dan Nicolson pada tahun 1972 mengajukan teori-teori tentang struktur membran sel yang dapat disimpulkan dalam 3 kelompok.
  1. Teori lembran (leaflet theory), pada dasarnya menyatakan bahwa membran sel tersusun oleh lapisan-lapisan.
  2. Teori bola-bola (globular theory), dalam teori ini menyatakan bahwa komponen lipid-protein berbentuk sebagai bola-bola yang tersusun membentuk lembaran.
  3. Teori dinamis, teori ini menyatakan bahwa struktur membran sel dapat berbentuk lembaran berlapis dan dapat berubah menjadi susunan bola-bola mengikuti keadaan dan kebutuhannya.
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian membran sel dalam biologi , semoga tulisan saya mengenai pengertian membran sel dalam biologi dapat bermanfaat.

Sumber :

- Subowo, 2011. Biologi Sel. Yang Menerbitkan CV Sagung Seto : Jakarta.



Gambar. Pengertian Membran Sel

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Membran Sel Dalam Biologi

0 komentar:

Post a Comment