Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Istilah-Istilah dalam Internet

|Pembahasan Mengenai Pengertian Istilah-Istilah Dalam Internet|
Dalam dunia internet terdapat berbagai istilah yang bagi sebagian masyarakat masih kurang dimengerti. Dari berbagai istilah yang ada, beberapa istilah akan dijelaskan pada makalah ini. Istilah- istilah tersebut antara lain:

|Web Design|
Menurut buku Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet (2004:194), Web design adalah teknik desain materi dan tampilan halaman pada sebuah situs internet. Pengertian Desain Web atau definisi Desain Web adalah jenis desain grafis yang ditujukan untuk pengembangan dan styling obyek lingkungan informasi Internet untuk menyediakan dengan fitur konsumen high-end dan kualitas estetika. Definisi yang ditawarkan memisahkan desain web dari pemrograman web, menekankan fitur fungsional dari sebuah situs web, serta desain posisi web sebagai semacam desain grafis.

Tujuan desain web adalah untuk membuat situs web atau dokumen elektronik dan aplikasi yang berada pada web server dan menampilkan konten dan fitur antarmuka interaktif kepada pengguna akhir dalam bentuk halaman Web. Seperti unsur-unsur teks, gambar (gif, jpeg) untuk ditempatkan pada halaman menggunakan HTML / XHTML / tag XML. Menampilkan media yang lebih kompleks (vektor grafis, animasi, video, suara) membutuhkan plug-in seperti Adobe Flash, QuickTime, Java run-time dan lain-lain. Plug-in juga dimasukkan ke dalam halaman web dengan menggunakan HTML / tag XHTML.

Perbaikan sesuai browser dengan standar W3C diminta penerimaan luas dan penggunaan XHTML / XML bersama dengan Cascading Style Sheets (CSS) untuk posisi dan memanipulasi unsur-unsur halaman web dan objek. Kemampuan browser untuk mengirimkan berbagai konten dan pilihan aksesibilitas kepada klien tanpa menggunakan plug-in. Dengan spesialisasi yang tumbuh di bidang teknologi informasi ada kecenderungan kuat untuk membedakan antara desain web (web design) dan pengembangan web (web development)

|Homepage|
Homepage adalah lokasi di internet yang menyajikan kumpulan informasi dengan menampilkan profil pemiliknya, baik pribadi maupun institusi, sehingga dapat dikunjungi dan dibaca informasinya oleh pengguna internet melalui layanan World Wide Web (Jasmadi, 2004:193). Kumpulan informasi tersebut dapat kita nikmati karena disusun oleh sebuah kode pemrograman yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). Homepage juga dapat merujuk pada halaman awal atau halaman utama sebuah situs di internet.

|WWW|
WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, „World Wide Web„ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet (http://adibowo.com/apa-itu-www-fungsi-dan-sejarah-www/).

Bagi kebanyakan orang, World Wide Web merupakan hal yang paling menarik dalam internet. Disini ada jutaan halaman informasi yang disimpan di host computer diseluruh dunia. Halamannya berisi teks, grafik, videoclip, suara dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengakses WWW diperlukan sebuah koneksi interaktif dari provider. Menurut buku Belajar Sendiri Internet (1997:123), World Wide Web adalah koneksi dokumen yang disalinghubungkan, atau halaman-halaman yang terentang di internet. Selain itu

WWW juga dapat diartikan sebagai layanan jaringan komputer global yang memungkinkan penyajian lembar data dan informasi pada internet.

|HTML|
HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language, yang memiliki arti bahasa atau kode program yang digunakan untuk mengolah serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di internet melalui layanan web (Jasmadi, 2004:229). Dalam HTML memberikan beberapa kemungkinan kepada klien untuk melakukan interaksi dengan server menggunakan hyperlink dan tombol yang dapat di klik pada dokumen HTML. Dokumen HTML dapat berisi informasi statik dan dinamik. Dokumen statik HTML adalah dokumen yang ditempatkan pada media penyimpanan server dan tidak mengalami banyak perubahan secara umum.

Menurut buku Panduan Aplikatif Pengembangan Web berbasis ASP (2002:19-20), Ciri utama dari file HTML adalah memiliki ekstensi .htm, .html atau .shtml. HTML merupakan bahasa mark up (pengkodean) sehingga setiap teks diberi kode sesuai dengan keinginan user. Kode-kode yang dibuat menggunakan bahasa Inggris atau singkatan dalam bahasa Inggris, misal untuk membuat teks berhuruf tebal, digunakan kode B atau yang berarti bold (tebal), untuk teks yang dicetak miring digunakan kode I atau italic (miring), dan lain sebagainya.

Halaman Web yang dibuat dengan skrip HTML murni, tanpa ditambah skrip lain atau bahasa lain seperti VBScript, akan bersifat statis. Halaman Web tersebut hanya dapat dibaca, tidak dapat ditulisi maupun dieksekusi oleh user lain. Selain itu HTML juga memiliki sifat yang fleksibel karena dapat dikombinasikan dengan skrip atau bahasa pemrograman lainnya.

|DHTML|
Dinamic Hypertext Markup Language Merupakan singkatan dari DHTML yang merupakan suatu teknik untuk menampilkan halaman secara dinamis, dengan menggunakan kombinasi dari HTML, bahasa scripting pada sisi client (seperti JavaScript), dan bahasa pendefinisian style Cascading Style Sheet (http://www.total.or.id/info.php?kk=DHTML).

DHTML mampu membuat dan menjalankan program kecil yang berada disisi client dan dijalankan oleh web browser. Kelebihan DHTML adalah dapat dengan mudah memberi efek pada halaman web, contohnya: menyembunyikan teks dan gambar sesuai waktu yang ditentukan atau sampai pointer mouse melewatinya, animasi gambar dan teks yang mana akan bergerak dari awal hingga akhir, membuat halaman web yang dapat secara langsung mengupdate berita terbaru, memodifikasi berbagai style pada halaman web (http://prayoga.blog.com/2008/10/31/dhtml/). Bagi pengembang situs web, DHTML memberikan peluang untuk menambah fungsi-fungsi yang sangat bermanfaat.

Dengan DHTML, dokumen HTML yang sudah diload ke client namun hubungan ke server terputus, pemakai masih dapat mengubah warna suatu text atau grafik, tanpa harus berhubungan lagi ke server. Selain itu kita juga dapat membangun dan mengubah obyek di halaman HTML menggunakan aplikasi di sisi client.

|XHTML|
XHTML adalah sebuah standar baru yang dicetuskan oleh W3C untuk menggantikan standar lama yaitu HTML. Standar XHTML hampir sama dengan HTML yang sudah ada tetapi memiliki aturan-aturan penulisan yang lebih ketat daripada HTML, keduanya merupakan bahasa markup untuk dokumen teks yang berfungsi untuk menentukan struktur dokumen serta mengatur fungsi dan bagaimana dokumen tersebut ditampilkan di browser. Secara garis besar tujuan utama standar XHTML adalah agar semua halaman web memiliki struktur yang benar dan tata-cara penulisan tag yang konsisten sehingga dapat dibaca dengan baik untuk semua perangkat yang mampu membaca halaman web (A.Suhendar, 2003:13).

XHTML juga bertujuan menegaskan fungsinya sebagai pembentuk struktur dokumen sedangkan untuk pengaturan tampilan dokumen di browser (warna, jenis huruf, ukuran dll), dengan menggunakan dengan XHTML presentasi tidak lagi diatur dengan tag-tag xHTML, tetapi menggunakan CSS, XHTML hanya untuk menentukan struktur dalam dokumen saja. Aturan-aturan penulisan dalam XHTML mengadopsi aturan-aturan dalam dokumen XML yang disebut aturan well-formed, aturan penulisan sebuah dokumen XHTML adalah :
  1. Dokumen harus memiliki Document Type Definition (DTD) yang terletak paling awal dari sebuah dokumen, dan tag DTD harus menggunakan huruf kapital, dalam standar XHTML ada beberapa jenis DTD yaitu :
  2. Semua elemen XHTML harus tertutup, yakni elemen harus memiliki tag penutup.
  3. Elemen kosong harus memiliki tag penutup atau tag awal yang diakhiri dengan “/>”.
  4. Semua nama tag dan atribut dalam XHTML harus ditulis dalam huruf kecil. Dalam XHTML, nilai atribut harus berada dalam tanda kutip.

|INTERFACE WEB|
Interface merupakan salah satu media yang digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan manusia. Interface di komputer dikenal dengan GUI (Graphical User Interface). (http://www.ebookgratis.sampara.com). Dalam hal ini Interface juga dapat diartikan sebagai penghubung antara dua sistem atau alat, atau media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Output dari suatu subsistem akan menjadi input untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat terintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan

Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam

terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.

|CONTENT WEB|
Menurut definisi, konten adalah sebuah benda yang berguna untuk membuat sebuah situs web, dan bisa juga berisi tentang kata-kata (teks), gambar dan suara. Pada intinya, ketika kita berbicara tentang konten web, pada dasarnya kita mengacu pada konten dalam yang bersifat tekstual. sehingga dalam pengertian ini konten adalah informasi yang disediakan sebuah website.

|NAVIGASI WEB|
Navigasi Web disebut juga link adalah sebuah objek teks, kalimat atau gambar pada tampilan halaman sebuah situs internet, yang jika di klik akan menghubungkan pengunjung ke situs atau halaman lain yang terdapat di internet (Jasmadi, 2004:229). Link juga dapat diartikan sebagai sebuah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen yang lain atau sumber lain dan dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

|SERVER|
Server berasal dari kata serve yang jika artikan dengan bahasan tentang website, arti kata server adalah “melayani”. Sehingga pengertian server adalah pelayan atau sesuatu yang melayani. Server adalah sebuah computer yang berperan sebagai induk jaringan bagi pengguna internet di sebuah fasilitas dalam internet (Jasmadi, 2004:231). Seperti contoh server IRC berperan sebagai pusat hubungan antar pengguna chatting.

Jika kita telusuri di google, kita akan mengetahui bahwa definisi server adalah sebuah komputer yang bertugas untuk menyimpan file yang harus selalu terhubung dengan internet agar file tersebut dapat dilihat atau digunakan oleh orang yang sedang connect dengan internet.

|UPLOAD WEB|
Upload atau yang lebih dikenal dengan Unggah dalam istilah teknologi informasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya (http://oktavita.com). Upload biasanya dilakukan untuk menambahkan gambar di blog ataupun menambahkan file email. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi upload atau dengan memanfaatkan situs yang khusus untuk menyimpan file.

|ISP|
ISP (Internet Service Provider) merupakan perusahaan yang menyediakan koneksi ke internet atau operator penyedia jasa internet (Jasmadi, 2004:229). Koneksi yang disediakan bisa koneksi ke dial-up atau direct kepada pelanggannya. Umumnya ISP mempunyai beberapa modem, dimana pelanggannya dapat melakukan dial-up dengan account PPP.

|MEDIA STREAMING|
Media Streaming merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen- komponen yang saling mendukung dan sebuah teknlogi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet (http://radio.nurmanto.com). Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus.

Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real- time oleh aplikasi pada komputer klien Streaming suara sering juga disebut sebagai streaming media. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi MPEG (Moving Picture Experts Group) yang diakui oleh ISO (International Standard Organization). Teknik kompresi suara menggunakan istilah coding dan decoding.

|VIDEO STREAMING|
Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar (http://teknologi.kompasiana.com). Contoh dari video streaming yang biasa orang lakukan adalah Yahoo Messenger, Skype, Youtoube, dan sebagainya. Sekitar tahun 2008 lebih kurangnya, mulai muncul media televisi di Indonesia yang menggunakan video streaming, seperti Metro Tv, Antv, Trans Tv kini sudah sampai TvOne.

Video streaming sebenarnya sebuah teknologi yang mempermudah orang untuk mendapatkan informasi dalam bentuk tampilan video. Dengan menjamurnya internet di segala penjuru dunia akan berdampak makin mudahnya masyarakat mendapatkan informasi dan menikmati hiburan tanpa membutuhkan media antena televisi biasa maupun parabola, karena banyak broadcast televisi yang free to air memberikan fasilitas tersebut agar media tersebut dapat di simak disegala penjuru dunia.

|VIDEO on DEMAND|
Video on demand (VOD) adalah sistem televisi interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton (Wikipedia, Video on Demand). VOD komersial pertama kali muncul di Hong Kong pada tahun 1990. Konsep VOD sendiri sebenarnya telah ada sejak dahulu. Hal ini dibuktikan dengan adanya perusahan kable yang menyediakan pilihan bagi para pemirsanya. Konsep seperti ini membawa pengertian baru bahwa konsumen bisa mendapatkan apa yang disebut The Entertainment-Information Merger. Yaitu penggabungan antara hiburan dan informasi dalam satu hal saja.

Perkembangan VOB meluas ke Eropa, dengan adanya sebuah perusahaan yang meluncurkan VOD pertama kali di Inggris dengan nama Kingston. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1998 dan berkembang pesat di hampir seluruh daratan Eropa. Pada tahun 2006, European Audiovisual Observatory mencatat ada 142 VOD berbayar yang beroperasi di Eropa. Di Amerika sendiri, VOD berawal dari Hawaii oleh Oceanic Cable pada Januari 2000. tanpa butuh waktu lama, sekarang seluruh bagian di Amerika sudah bisa menikmati VOD.

Di Indonesia, masa depan VOD masih belum jelas. Selain untuk sarana edukasi, belum banyak VOD yang beredar di Indonesia saat ini. Hal ini disebabkan karena lingkungan yang masih belum terbiasa. Kemungkinan berkembangnya teknologi ini tetap ada, tetapi dibutuhkan sebuah breakthrogh dari salah satu perusahaan untuk memopulerkan VOD seperti yang dilakukan Astro dengan Liga Inggrisnya pada kasus Pay TV.

Fungsi VOD seperti video rental, dimana pelanggan dapat memilih program atau tontonan yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa film, serial TV, acara realitas, video streaming, dan program lainnya. Pada VOD para khalayak dapat menyimpan program yang mereka inginkan. VOD menjanjikan kepuasan yang sifatnya lebih personal. Kepentingan pribadi satu orang lebih diutamakan dibandingkan kemauan orang banyak.

Jadi, VOD adalah sebuah konsep di mana sistem pertelevisian yang sudah bersifat sangat interaktif dengan fasilitas pemilihan content dari sebuah acara televisi. Ini bisa berupa film, serial, potongan berita, atau apapun yang kita inginkan.

|INTERNET TELEVISION|
Internet Television juga dikenal dengan Televisi daring (TV Online) adalah situs yang memiliki tayangan video yang terkonsep, selalu diperbaharui terus-menerus, tidak statis, mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, dan bisa diakses oleh publik secara bebas, dengan berbagai macam bentuk pendistribusiannya (http://www.gondrez.co.cc).

Untuk dapat mengaksesnya, kita hanya perlu menguhubungkan ke komputer pribadi kita dengan koneksi Internet broadband berlangganan. Televisi Internet sering juga disebut dengan sebutan Television on the Desktop (TOD), TV over IP (Television over Internet Protocol) atau Televisi Protokol Internet, Vlog, dan juga Vodcast.

Televisi Internet berbeda dengan televisi konvensional biasa. Kedua-duanya memang menayangkan banyak acara yang serupa, tapi televisi Internet lebih beragam

dibandingkan stasiun televisi lokal yang biasa kita tonton di rumah ataupun Televisi kabel berlangganan. Televisi Internet ini bisa disiarkan secara pribadi oleh para pengguna Internet atau bisa juga oleh sekelompok orang atau perusahaan televisi besar yang juga punya layanan televisi online di Internet.

Sumber:
Mac Bride. 1997. Internet. M. Hasan (penyunting). Jakarta: Penerbit PT Kesaint Blanc Indah.

Asfan Shabi. 2008. Pengertian dan Kegunaan Video Streaming, Teleconfrence. http://teknologi.kompasiana.com/internet/2010/11/28/pengertian-dan-kegunaan-video-streaming-teleconfrence/.

Adibowo. 2011. Fungsi dan sejarah WWW. http://adibowo.com/apa-itu-www-fungsi-dan-sejarah-www/.

Prayoga Dwi Yunata. 2008. DHTML( Dynamic HyperText Markup Language ). http://prayoga.blog.com/2008/10/31/dhtml/.

Gambar: Istilah-Istilah Dalam Internet

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Istilah-Istilah dalam Internet

0 komentar:

Post a Comment