Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi dan Hutan Menurut Para Ahli

|Pengertian Ekologi dan Pengertian Hutan|

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian ekologi dan pengertian hutan menurut para ahli.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli, sebagai berikut :

Pengertian Ekologi Menurut Kendeigh adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme yang satu dengan organisme lain serta lingkungannya. Hubungan timbal balik antara organisme atau yang dikenal dalam pengetahuan ekologi sebagai interaksi antara organisme dengan lingkungannya, sesungguhnya merupakan suatu hubungan yang sangat erat dan kompleks, sehingga ekologi dikatakan sebagai biologi lingkungan.

Menurut IrwanPengertian Ekologi ialah ilmu pengetahuan mengenai hubungan antara organisme dengan lingkungannya. Dapat juga didefinisikan bahwa ekologi merupakan ilmu yang mempelajari pengaruh faktor lingkungan terhadap makhluk hidup.

Pengertian Ekologi Menurut Soerianegara yaitu ilmu yang mempelajari hubungan antara tumbuhan, binatang  dan manusia dengan lingkungan tempat mereka hidup; bagaimana kondisi kehidupannya dan mengapa mereka ada atau hidup di lingkungan tersebut.

Odum mengungkapkan pendapatnya mengenai Pengertian Ekologi adalah suatu studi tentang struktur dan fungsi ekosistem atau alam dan manusia sebagai bagiannya. Struktur ekosistem menunjukkan bahwa suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk keadaan densitas organisme, penyebaran materi (unsur hara), biomassa, energi, faktor-faktor fisik dan kimia lainnya yang menciptakan keadaan sistem tersebut. Fungsi ekosistem menunjukkan pada suatu hubungan sebab akibat yang terjadi secara keseluruhan antara komponen dalam sistem. Hal ini jelas mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup lainnya dan juga semua komponen yang ada disekitarnya.

Pengertian Hutan Menurut Para Ahli, sebagai berikut :

Pengertian Hutan menurut Kadri adalah lapangan yang ditumbuhi pepohonan yang secara keseluruhan merupakan persekutuan hidup alam hayati berserta alam lingkungannya atau ekosistem.

Menurut AriefPengertian Hutan ialah masyarakat tumbuhan  dan binatang yang hidup dalam lapisan dan di permukaan tanah dan terletak pada suatu kawasan, serta membentuk suatu kesatuan ekosiste yang berada dalam keseimbangan yang dinamis.

Soerianegara dan Indrawan mengatakan bahwa Pengertian Hutan merupakan mayarakat tetumbuhan yang dikuasai atau didominasi oleh pohon-pohon dan mempunyai keadaan lingkungan yang berbeda dengan keadaan di luar hutan.

Pengertian Hutan Menurut Undang-undang No. 41 Tahun 1999 adalah kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya yang tidak dapat dipisahkan.

    Jika ditelaah lebih mendalam tentang beberapa pengertian atau definisi hutan tersebut, maka di dalam pengertian hutan itu terkandung dan erat kaitannya dengan proses alaam yang saling berhubungan. Di antara proses alam yang dimaksudkan antara lain sebagai berikut :

    (1) Proses yang berkenaan dengan siklus air dan pengawetan tanah dan disebut dengan proses hidro-orologis.
    (2) Proses pengendalian iklim maupun pengaruh iklim terhadap eksistensi hutan.
    (3) Proses yang berkaitan dengan kesuburan tanah.
    Keanekaragaman hayati.
    (4) Keanekaragaman sumber daya alam.
    (5) Objek wisata alam.

    Adapun Pengertian Ekologi Hutan adalah cabang dari ekologi yang khusus mempelajari ekosistem hutan. Hutan dikatakan sebagai suatu ekosistem karena hubungan antara masyarakat tetumbuhan pembentuk hutan dengan binatang liar dan alam lingkungannya sangat erat.  Oleh karenanya hutan yang dipandang sebagai suatu ekosistem dapat dipelajari dari segi autekologi maupun sinekologinya.

    Dari segi autekologi, maka di hutan bisa dipelajari pengaruh suatu faktor lingkungan terhadap hidup dan tumbuhnya suatu jenis binatang liar atau margasatwa. Bahkan di dalam autekologi dapat dipelajari pole perilaku suatu jenis binatang liar, sifat adaptasi dari suatu spesies binatang liar, maupun sifat adaptasi pada suatu jenis pohon. Dari segi sinekologi, maka dapat dipelajari berbagai kelompok jenis tumbuhan sebagai suatu komunitas.

    Demikianlah uraian mengenai pengertian ekologi dan pengertian hutan menurut para ahli, semoga tulisan saya mengenai pengertian ekologi dan pengertian hutan menurut para ahli dapat bermanfaat.

    Sumber:

    - Indriyanto, 2010. Ekologi Hutan. PT Bumi Aksara : Jakarta.

    Gambar. Pengertian Ekologi dan Pengertian Hutan

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : Pengertian Ekologi dan Hutan Menurut Para Ahli

    0 komentar:

    Post a Comment