Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Dan Konsep Portofolio

|Pembahasan Mengenai Pengertian Dan Konsep Portofolio|

Menurut para ahli, portofolio memiliki beberapa pengertian. Ada yang memandang sebagai benda, dan ada pula sebagai metoda. Portofolio sebagai suatu wujud benda fisik, adalah kumpulan suatu hasil (bukti) dari suatu kegiatan, atau bundelan, yakni kumpulan dokumentasi atau hasil pekerjaan seseorang (peserta didik) yang disimpan pada suatu bundel. Misalnya bundelan hasil kerja siswa mulai dari hasil tes awal, tugas-tugas, catatan anekdot, piagam penghargaan, keterangan melaksanakan tugas tersetruktur, sampai kepada hasil tes akhir. Portofolio ini merupakan kumpulan karya terpilih dari seorang siswa atau sekelompok siswa. 

Istilah karya terpilih menunjukkan bahwa tidak semua karya siswa dapat dimasukan kedalam portofolio tersebut. Karya yang diambil adalah karya terbaik, karya yang paling penting dari pekerjaan siswa, yang sangat bermakna bagi siswa, sesuai dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang telah dirumuskan dalam tujuan pembelajaran.

Dalam dunia pendidikan portofolio dapat dipandang sebagai suatu proses sosial pedagogis. Yaitu sebagai collection of learning experience yang terdapat di dalam pikiran peserta didik, baik yang berwujud pengetahuan (kognitif), keketampilan (skill)maupun nilai dan sikap. Jadi sebenarnya portofolio bukan hanya berupa benda nyata, melainkan mencakup “segala pengalaman batiniah” yang terjadi pada diri siswa. 

Dalam bidang bahasa, sebagai suatu metoda, portofolio dapat merupakan suatu adjective yang sering disandingkan dengan kata lain, misalnya dengan konsep pembelajaran dan penilaian. Bila disandingkan dengan konsep pembelajaran, maka muncul istilah pembelajaran berbasis portofilio (portfolio based learning); dan bila disandingkan dengan konsep penilaian, maka muncul istilah penilaian berbasis portofolio (portfolio based assessment) (Dasim Budimansyah, 2002).

Pendekatan penilaian portofolio berbeda dengan pendekatan penilaian yang lain. Pendekatan penilaian portofolio adalah suatu penilaian yang bertujuan mengukur sejauhmana kemampuan siswa dalam mengkonstruksi dan merefleksi suatu pekerjaan/tugas atau karya dengan mengoleksi atau mengumpulkan bahan-bahan yang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dikonstruksi oleh siswa, sehingga hasil konstruksi tersebut dapat dinilai dan dikomentari oleh guru dalam periode tertentu.

Jadi penilaian portofolio merupakan suatu pendekatan dalam penilaian kinerja siswa atau digunakan untuk menilai kinerja. Kelebihan pendekatan portofolio adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih banyak terlibat, dan siswa sendiri dapat dengan mudah mengontrol sejauhmana perkembangan kemampuan yang telah diperolehnya. Jadi siswa akan mampu melakukan self-assessment. Keterampilan menemukan kelebihan dan kekurangannya sendiri, serta kemampuan untuk menggunakan kelebihan tersebut dalam mengatasi kelemahannya merupakan modal dasar penting dalam proses pembelajaran. 

Secara operasional, penilaian portofolio merupakan penilaian secara berkesinambungan dengan metode pengumpulan informasi atau data secara sistematik atas hasil pekerjaan siswa dalam kurun waktu tertentu (Popham, 1994). Dalam sistem penilaian portofolio, guru membuat file untuk masing-masing siswa, berisi kumpulan sistematis atas hasil prestasi belajar mereka selama mengikuti proses pendidikan. 

Di dalam file porfolio, guru mengumpulkan bukti fisik dan catatan prestasi siswa, seperti hasil ulangan, hasil tugas mandiri, serta hasil praktikum. Selain prestasi akademik, isi file juga dapat dielaborasi dengan lembar catatan prestasi non-akademik, yakni rekaman profil siswa yang meliputi aspek kerajinan, kerapian, ketertiban, kejujuran, kemampuan kerja sama, sikap, solidaritas, toleransi, kedisiplinan, prestasi olahraga, kesenian, kepramukaan, dan lain-lain. 

Data yang terkumpul dari waktu ke waktu ini kemudian digunakan oleh guru untuk menilai dan melihat perkembangan kemampuan serta prestasi akademik siswa dalam periode tersebut. File portofolio sekaligus akan memberikan umpan-balik (feedback) baik kepada guru maupun siswa.. Bagi guru, file yang berisi perkembangan prestasi siswa ini akan memberikan masukan untuk evaluasi proses dalam memperbaiki cara, metode, dan manajemen pembelajaran di kelas. Melalui analisa file portofolio guru dapat mengetahui potensi, karakter, kelebihan, dan kekurangan siswa. 

Bagi siswa, file ini dapat menjadi dasar pijakan untuk mengoreksi dan memperbaiki kelemahan serta kekurangannya dalam proses pembelajaran maupun penguasaannya atas suatu pokok bahasan atau materi pelajaran tertentu. Proses terjadinya umpan-balik sangat dimungkinkan karena dalam sistem penilaian portofolio data yang terekam dalam file tidak hanya dikumpulkan saja kemudian selesai, namun akan dianalisis secara kolaboratif dengan melibatkan guru, siswa, dan orangtua murid. Evaluasi data melalui pembicaraan secara periodik dengan orangtua siswa sekaligus merupakan progress report yang akurat tentang kemajuan prestasi belajar siswa serta perkembangan kepribadiannya. 

Selain dapat digunakan untuk memantau perkembangan siswa dan mendiagnosa kesulitan belajar mereka, penilaian portofolio juga banyak memiliki keunggulan lain. Sistem penilaian ini sangat bermanfaat bagi guru untuk mengevaluasi kebutuhan (need), minat (interest), kemampuan akademik (abilities), dan karakteristik siswa secara individual. Hal tersebut penting karena seharusnya dalam suatu sistem atau cara evaluasi, eksistensi siswa secara individual tidak boleh dieliminasikan sebagaimana yang sering terjadi dalam tes standar, seperti ebtanas.

|Kegunaan Portofolio|

Pendekatan penilaian portofolio dapat digunakan untuk: 
  1. Memperlihatkan perkembangan pemikiran atau pemahaman siswa pada periode waktu tertentu. Misal mulai dari kegiatan pencatatan (pembuatan catatan), mengkopi bahan, membuat kerangka awal, draf kasar, kritik terstruktur, dan finalisasi paper. 
  2. Menunjukkan suatu pemahaman dari beberapa konsep, topik, dan isu yang diberikan
  3. Mendemonstrasikan perbedaan bakat. Misalnya melihat kemampuan menulis, perbedaan kemampuan mendengarkan, mengungkapkan secara lisan, dll.

Sumber:
Dasim Budimansyah, (2002), Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio, Bandung:
PT. Ganesindo


Gambar. Pengertian Dan Konsep Portofolio

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dan Konsep Portofolio

0 komentar:

Post a Comment