Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Komponen-komponen Sistem Komputer

|Pembahasan Mengenai Komponen-komponen Sistem Komputer|

Berikut diuraikan beberapa komponen-komponen sistem komputer beserta fungsinya:

1. Input
Fungsi memasukkan data ke dalam sistem komputer dilakukan oleh sebuah alat input. Berbeda dengan sistem manual yang pengolahnya adalah manusia, input kedalam komputer harus ke dalam bentuk yang dapat diterima oleh mesin. Biasanya input ini berupa kartu key-punch, media magnetic (pita, disk, diskette) dan input langsung dari keyboard terminal.

2. Pengolah pusat (central processing)

Pengolahan sentral ini merupakan komponen yang paling utama dari komputer. Pengolah ini terdiri dari satu pengendaliaan, yang mengkoordinasi semua komponen sistem ini, dan unit penghitung/logika, yang melakukan fungsi-fungsi seperti tambah, kurang, kali, bagi, banding, geser, pindahkan, simpan dll. CPU (central processing unit) dari komputer ini melaksanakannya dengan kecepatan dan ketepatan yang fantastis. Logika pengolahan yang sederhana ini, yang disertai lima fungsi sederhana pula, memungkinkan berbagai variasi tugas yang tidak terhitung besarnya bagi komputer tersebut.

3. Penyimpanan (storage)

Penyimpanan ini hampir mirip dengan sebuah filling cabinet elektronik yang sangat besar, dengan indeks yang lengkap, dan setiap saat terbuka bagi komputer. Penyimpanan ini terdiri dari intern, yang merupakan bagian dari komponen pengolahan dan ekstern. Penyimpanan intern, yang sering disebut memory, merupakan karakteristik yang memungkinkan komputer itu menyimpan, dalam bentuk elektronik, data dari alat-alat input dan serangkaian intruksi yang panjang, yang disebut program, yang memerintahkan mesin akan tugas yang harus dilakukannya. 

Penyimpanan ekstern ada dua macam :
  1. Direct access (langsung dapat dicari). Berbentuk disk, diskette, magnetic drum dan sarana data cell yang dapat menampung penyimpanan data massal tanpa urutan, dan dapat dicari langsung tanpa harus membaca arsip dari permulaannya untuk menemukan data yang diinginkan.
  2. Sequential (urutan). Berupa magnetic tape (pita magnetik) yang diisi menurut urutan, dan harus dibaca dari awal untuk membaca atau menulis catatan yang diinginkan.
4. Output

Sarana output memberikan hasil akhir dari pengolahan data. Alat ini mencatat informasi dari komputernya di atas berbagai macam media, seperti kartu dan media magnetik. Dan informasi ini kemudian dicetak diatas kertas. Di samping itu alat output ini dapat memberikan sinyal-sinyal untuk dikirimkan melalui jaringan teteprocessing, menghasilkan gambaran grafik, gambaran microfilm, dan berbagai bentuk khusus lainnya. Pada umumnya aplikasi pokok dalam perusahaan hanya berbentuk cetakan di atas kertas (printout).

Gambar. Komponen-komponen sistem komputer

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komponen-komponen Sistem Komputer

0 komentar:

Post a Comment