Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Istilah Komputer dan Informatika Beserta Pengertiannya

|Berikut Istilah Komputer dan Informatika Beserta Pengertiannya|

A
Abend (Abnormal end)
Penghentian sebuah program atau proses yang tidak normal diakibatkan oleh terjadinya kesalahan input data oleh user atau crash program.

ABI (Application Binary Interface)
Pemafaran spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan.

AbiWord
Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

Abort
Perintah untuk membatalkan jalannya suatu program secara paksa dan mengembalikan ke sistem operasi.

Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.

Accessibillity
Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.

Access Method
Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data antara penyimpan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sistem.

Access Time
Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil atau memasukkan data dari atau ke memori.

Accessories
Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program tambahan, misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint, dll.

Accumulator
Bagian dari arithmetic unit sebuah komputer untuk menyimpan hasil dari perhitungan sementara atau beberapa operasi lain.

Acknowledge
Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement.

Accoustic Coupler
Alat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital.

ACL (Access Control Unit)
Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak oleh host tertentu.

ACPI (Advanced Configuration Power Interface)
Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi. ACPI ini adalah interface dan ditujukan untuk perangkat lunak dan perangkat keras.
Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state). Beberapa sleeping state yang tersedia antara lain :

S1 Sleeping State
Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah. Pada S1 sleeping state tidak ada system context yang hilang, tidak pada prosesor maupun chipset.

S2 Sleeping Stat
Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah seperti halnya S1 sleeping state, hanya saja pada S2 sleeping state ini prosesor context dan system cache context menjadi hilang. Sistem operasi yang akan bertanggung jawab mempertahankan context dari prosesor dan cache tersebut.

S3 Sleeping State
Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah juga, namun semua system context kecuali pada memori utama akan hilang. S3 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to RAM.

S4 Sleeping State
Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang tinggi (tertinggi yang didukung oleh ACPI) dan memiliki tingkat penggunaan daya yang paling rendah (terendah yang didukung oleh ACPI). Pada S4 sleeping state ini dianggap semua hardware dimatikan, hanya saja context-nya tetap dipertahankan. S4 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to disk.

S5 Sleeping State
S5 soft off ini memiliki kesamaan dengan S4 sleeping state, hanya saja sistem operasi tidak menyimpan context apapun

Active Task Button
Tombol perintah yang terletak pada taskbar yang akan muncul jika sebuah perintah harus dieksekusi.

Active
Segala sesuatu yang berhubungan dengan setiap alat atau sistem yang sedang digunakan saat ini.

ActiveX
Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman Web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang semuannya itu terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer.

Adapter
Semacam card atau board, misalnya printer adapter.

ADC (Analog/Digital Converter)
Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
Add-in
1. Peralatan tambahan yang dipasangkan pada salah satu board yang tersedia.
2. Program-program pendukung yang ditambahkan pada sebuah program aplikasi.

Address
Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.

Adobe PageMaker
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.

Adobe Photoshop
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)
Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.
ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

Advertiser
Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi.

Affiliate Site
Halaman dimana iklan merchant dimasukkan. Kita bisa memasukkan iklan merchant ke sembarang halaman yang ada dalam website, dan letaknya boleh disembarang tempat.

AGP (Accelerated Graphics Port)
Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus dan umumnya berjalan pada 66MHz yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33MHz. AGP 1x melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.

AGPset
Sebuah chipset yang mendukung Accelerated Graphics Port.

B
B&W (Black and White)
Tampilan suatu obyek dalam warna hitam dan putih saja. Dalam Lotus 123, perintah ini akan mengembalikan grafik berwarna menjadi grafik hitam putih lagi.

Backbone
Jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.

Backbone Network
Sistem sambungan utama dari jaringan terdistribusi dengan struktur hirarki.

Background
Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman Web.

Back Orifice
Program yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh The Cult of the Dead Cow (cDc). Back Orifice merupakan tool remote admnistration, tetapi keberadaannya bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif. Jika dimanpaatkan seorang hacker, maka ia bisa mengambil alih kontrol sepenuhnya atas komputer korban. Selain itu, back orifice juga bisa dipakai untuk mencuri data dan e-mail dari komputer korban. Program ini merupakan extensible program yang bisa dirubah dan dikembangkan setiap saat.

Backing Storage
Alat penampung data dalam komputer yang kemampuan simpannya lebih besar daripada penyimpan data utama, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah.

Backoff Delay
Lamanya waktu tunggu suatu medium control acces di sebuah terminal dalam jaringan berbentuk CSMA/CD, sebelum melakukan pengiriman kembali sebuah frame setelah terjadinya suatu tumbukan.

Backplane
Sebuah panel dimana sebuah papan sirkuit dalam sebuah peralatan plug dimasukkan; termasuk juga semua kabel yang saling menghubungkan sirkuit.

Backslash
Tombol keyboard bersimbol ‘\’; tombol ini sering dipakai saat bekerja dengan direktori.

Backspace
Tombol keyboard bersimbol ‘􀃅’ yang terletak di atas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus satu karakter sebelum kursor saat ini.

Backup
Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.

C
Cabinet File
Sebuah format file dari Microsoft yang dipakai untuk menempatkan file-file kompresan pada distribution disk. Untuk melepaskan kompres dari file, dipergunakan program Windows 95/98 Extract yang dijalankan pada perintah baris DOS.

Cabling System
Sistem pembagian kabel bagi seluruh unit dalam jaringan yang akan menghubungkan secara fisik semua stasiun dengan jaringan data LAN.

Cache
Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.

Cache Folder
Disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah didownload dari Internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.

Cache Memory
Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban.

CAD (Computer Aided Design)
Software untuk membuat desain produk dan gambar teknik.

CAI (Computer Assisted Instruction)
Software untuk membantu pemahaman siswa tentang suatu obyek. Aplikasinya berupa dialog antara siswa dengan komputer. Secara bertahap komputer akan memberi pertannyaan. Berdasarkan jawaban yang dimasukkan siswa, komputer akan memberi informasi apakah siswa melakukan kesalahan.

Calculator Mode
Terminal yang memiliki kemampuan penghitungan seperti kalkulator. Pengguna memasukkan sebuah ekspresi dan komputer akan mengevaluasi dan memberikan jawaban sesegera mungkin.

Caldera (http://www.caldera.com)
Salah satu distro Linux, Caldera memaketkan produknya dalam 3 kategori : OpenLinux Lite, OpenLinux Base, dan OpenLinux Standard. Produk pertama merupakan versi evaluasi 90 hari. Produk kedua berisi semua paket Lite plus sistem operasi yang lengkap dan mudah diinstall dengan integrasi desktop, client server Internet, dan Intranet. Paket ketiga menyediakan semua paket Base plus komponen high-end dan beberapa perangkat lunak komersial.

Call
Perintah untuk mengerjakan sebuah prosedur atau subrutin dimanapun perintah ini diletakkan, mengambil beberapa kondisi masukan yang dibutuhkan dan memberikan hasil, kemudian kembali ke program pemanggil.

Gambar. Kamus Istilah Komputer Dan Informatika

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Istilah Komputer dan Informatika Beserta Pengertiannya

0 komentar:

Post a Comment