Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Dinamika Peradaban Gelobal

Menurut arnold y. toynbee seorang sejaraan asal inggris, lahirnya peradaban itu diuraikan dengan teori challenge end respons. Peradaban itu lahir sebagai nrespons (tanggapan) manusia yang dengan segenap daya upaya dan akalnya menghadapi, menaglukan, dan mengola alam sebagai tantangan (chalenge) guna mencakup kebutuhan dan melestarikan kelansungan hidupnya. 

Alvin toffler menganalisis agar meningkatkan efesiensi dan pembaharuan dan peradaban masyarakat akibat majunya ilmu dan teknologi. Dalam bukunya the third wave (1981), ia menyatakan bahwa gelombang perubahan peradaban umat manusia sampai saat ini mengalami tiga gelombang yaitu : 
  1. Gelombang I, peradaban teknologi pertanian berlangsung mulai 800 sm-1500 m 
  2. Gelombang II, peradaban teknologi industri berlangsung mulai 1500 m-1970 m 
  3. Gelombang III, peradaban teknologi informasi berlangsung mulai 1970 m-sekarang 
Gelombang pertama (the first wave) gelombang kedua adalah revolusi industri terutama di dunia barat yang dimulai dengan revolusi industri yaitu kira-kira tahun 1700 m-1970m. masa ini dimulai dengan penemuan mesin uap pada tahun 1712, gelombang ketiga merupakan refolusi informasi yang ditandai dengan kemajuan teknologo informasi yang memudahkan manusia untuk mempermudah manusia berkomunikasi dalam berbagai bidang, gelombang ketiga terjadi dengan kemajuan teknologi dalam bidang : 
  1. Komunikasi dan data prosesing 
  2. Penerbangan dan angksa laut 
  3. Energi alternatif dan energi yang dapat diperbaharui 
  4. Terjadinya urbanisasi, yang disebabkan oleh kemajuan teknologi, komunikasi dan transportasi.

Sekian Uraian Tentang Dinamika Peradaban Global, Semoga Bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Dinamika Peradaban Gelobal

0 komentar:

Post a Comment